Hukum Tajwid Terlengkap (Versi Ringkasan) Mudah Dipahami

Al-Quran merupakan ayat suci yang berguna sebagai pedoman kehidupan ini. Umat muslim, hendaknya membaca Al-Quran dalam sehari-hari. Namun, untuk membaca Al-Quran sendiri tidaklah dengan asal-asalan. Melainkan, terdapat tajwid yang harus dipahami oleh pembaca. Termasuk dengan hukum-hukum dalam tajwidnya. Berikut hukum tajwid yang harus di penuhi.

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan dalam membaca Al-Quran. Umumnya, seseorang akan lebih dahulu membaca Iqra. Karena, Iqra merupakan dasar-dasar dari tajwid yang ada. Tajwid sangat membantu bagi pembaca dalam memahami isi maupun proses membacanya. Ada beberapa tajwid yang harus dipahami oleh pembaca. Berikut ulasan lengkap hukum tajwid.






IZHAR HALQI

Izhar halqi

Hukum bacaan ini yaitu apabila ada tanwin bertemu dengan huruf halqi(ا , ح , خ , ع , غ ,ها Cara membacanya yaitu dengan jelas dan tidak mendengung maupun samar-samar.






Idhgam Bighunnah


Apabila ada nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu dari empat huruf hijaiah berikut ini  ي , ب , م , و Maka, untuk cara membacanya sendiri harus dimasukan pada hruf tersebut dengan tambahan suara yang mendengung.

 Idhgam Bilaghunnah

Yaitu saat nun mati / tanwin bertemu dengan salah satu huruf ل  dan ر . Cara membacanya yaitu untuk surat dari nun mati ahrus di masukan pada huruf tersebut tanpa adanya dengungan.

Iqlab

Ialah apabila nun mati/ tanwin bertemu dengan ba (ب). Cara membacanya yaitu dengan memberikan suara nun mati digantikan menjadi mim mati. Selain itu, untuk bacaanya sendiri harus dilakukan dengan merapatkan bibir dan mendengung

Ikhfa

Apabila ada nun mati/ tanwin bertemu dengan salah satu dari 15 huruf hijaiyah   .ت ,ث ,ج ,د ,ذ ,ز ,س ,ش ,ص ,ض ,ط ,ظ ,ف ,ق ,ك . Cara membacanya yaitu harus dengan samar-samar dan sengau pada hidung.







0 komentar:

<< RAFKY >> << DAFFA >>